Senin, 19 Maret 2012

KARTU SOAL

Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pengujian, pemeliharaan/service baterai

Kompetensi Dasar :
Baterai diperiksa dan diuji menggunakan alat ukur sesuai SOP

Lingkup Materi :
Kode baterai

Indikator :
Siswa dapat membaca kode baterai

  1. Accu adalah salah satu komponen dalam sebuah kendaraan. Arti kode baterai 55 D 26 R (N 50Z) 12 V 60Ah adalah ....
    1. 55=kapasitas baterai, D=panjang baterai, 26=lebar dan tinggi baterai, R=posisi terminal baterai, 12 V=tegangan baterai
    2. 55=kapasitas baterai, D=lebar dan tinggi baterai, 26=posisi terminal baterai, R=panjang baterai, 12 V=tegangan baterai
    3. 55=kapasitas baterai, D=lebar dan tinggi baterai, 26=panjang baterai, R=posisi terminal baterai, 12 V=tegangan baterai
    4. 55=tegangan baterai, D=panjang baterai, 26=lebar dan tinggi baterai, R=posisi terminal baterai, 12 V= kapasitas baterai
    5. 55=tegangan baterai, D=lebar dan tinggi baterai, 26=panjang baterai, R=posisi terminal baterai, 12 V=kapasitas baterai









Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pengujian, pemeliharaan/service baterai

Kompetensi Dasar :
Baterai diperiksa dan diuji menggunakan alat ukur sesuai SOP

Lingkup Materi :
Merangkai baterai secara seri, paralel

Indikator :
Siswa dapat menentukan besarnya tegangan dan arus (baterai dirangkai seri)
  1. Gambar baterai dibawah ini dihubungkan secara seri. Kapasitas baterai yang diperoleh adalah ….
    1. 24 V – 240 Ah
    2. 24 V – 120 Ah
    3. 24 V – 60 Ah
    4. 12 V – 180 Ah
    5. 12 V – 120 Ah















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan sistem pengapian konvensional
Kompetensi Dasar :
Sistem pengapian diperiksa, diperbaiki dan dirangkai sesuai SOP
Lingkup Materi :
Komponen sistem pengapian

Indikator :
Siswa dapat memahami sistem pengapian konvensional
  1. Pada sistem pengapian konvensional terdapat komponen kontak platina (breaker point). Fungsi kontak platina tersebut adalah ....
        1. memutuskan arus primer
        2. memutuskan arus ke rotor
        3. memutuskan arus sekunder
        4. memutuskan arus ke kondensor
        5. menghindari percikan bunga api
















Kunci Jawaban : A
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan sistem pengapian konvensional
Kompetensi Dasar :
Sistem pengapian diperiksa, diperbaiki dan dirangkai sesuai SOP
Lingkup Materi :
Rangkaian sistem pengapian

Indikator :
Siswa dapat merangkai sistem pengapian konvensional
  1. Disajikan gambar sistem pengapian. Urutan rangkaian sistem pengapian yang benar adalah ....

















    1. 11 – 8 – 9 – 1 – 2 – 4 – 6 – 3 – 5 – 7
    2. 11 – 8 – 9 – 1 – 4 – 2 – 6 – 3 – 5 – 7
    3. 11 – 8 – 9 – 1 – 2 – 4 – 3 – 5 – 6 – 7
    4. 11 – 8 – 9 – 1 – 2 – 4 – 3 – 6 – 5 – 7
    5. 11 – 8 – 9 – 2 – 1 – 4 – 3 – 6 – 5 – 7


Kunci Jawaban : D
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..



KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan sistem pengapian konvensional
Kompetensi Dasar :
Sistem pengapian diperiksa, diperbaiki dan dirangkai sesuai SOP
Lingkup Materi :
Trouble shooting sistem pengapian

Indikator :
Siswa dapat menganalis gangguan pada sistem pengapian
  1. Sebuah kendaraan saat pengapiannya mengalami keterlambatan. Cara mengatasi keterlambatan tersebut adalah ....
    1. menyetel celah platina untuk memperoleh sudut dwell yang tepat
    2. merubah timing belt agar posisi crankshaft sedikit maju
    3. merubah timing belt agar posisi camshaft sedikit maju
    4. memutar distributor berlawanan dari putaran motor
    5. memutar distributor searah putaran motor




















Kunci Jawaban : D
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem starter
Kompetensi Dasar :
Sistem starter dipelihara, diperbaiki dan diuji sesuai spesifikasi buku manual
Lingkup Materi :
Cara kerja sistem starter

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan cara kerja motor starter
  1. Motor starter pada kendaraan berfungsi untuk menghidupkan kendaraan pertama kali. Bagian motor starter yang menggerakkan plunyer solenoid untuk menguhubungkan terminal 30 dengan terminal C sesaat setelah kunci kontak ”START” adalah ....
    1. primary coil
    2. hold in coil
    3. pull in coil
    4. stator coil
    5. fiel coil


















Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service engine dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Engine dan komponen-komponennya dipelihara, diperbaiki dan diuji sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Perawatan dan perbaikan engine

Indikator :
Siswa dapat merawat komponen engine
  1. Engine service atau tune up merupakan pekerjaan perawatan dan pemeliharaan mesin yang dilakukan secara berkala, pekerjaan ini bertujuan untuk ....
  1. mengembalikan kondisi mesin pada kondisi optimal dengan melakukan engine over houl
  2. mengembalikan kondisi mesin pada kondisi optimal dengan mengkorter cylinder
  3. mengembalikan kondisi mesin pada kondisi optimal dengan merubah konstruksi mesin tersebut
  4. mengembalikan kondisi mesin pada kondisi optimal dengan merubah jenis minyak pelumas
  5. mengembalikan kondisi mesin pada kondisi optimal dengan tanpa merubah konstruksi mesin tersebut


















Kunci Jawaban : E
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..



KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Perbaikan pada rangkaian sistem kelistrikan body
Kompetensi Dasar :
Rangkaian sistem kelistrikan body diperbaiki, dirakit dan diuji sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Rangkaian sistem penerangan

Indikator :
Siswa dapat merangkai sistem kelistrikan bodi
  1. Di bawah ini disajikan rangkaian sistem penerangan. Untuk menghidupkan lampu jauh, maka rangkaian yang tepat adalah ....
    1. 1 – 3 – 2 – 6 – 4 – 9
    2. 1 – 3 – 2 – 4 – 6 – 9
    3. 1 – 3 – 2 – 6 – 4 – 10
    4. 1 – 2 – 3 – 6 – 5 – 10
    5. 1 – 2 – 3 – 4 – 6 – 10




















Kunci Jawaban : D
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..





KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem pengisian
Kompetensi Dasar :
Sistem pengisian dipelihara, diperbaiki dan diuji sesuai SOP
Lingkup Materi :
Trouble shooting sistem pengisian

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan cara kerja komponen sistem pengisian
  1. Regulator mengatur besar kecilnya out put arus yang dihasilkan oleh alternator. Pengaturan out put alternator dilakukan dengan cara ....
        1. kemagnitan voltage relay dan regulator
        2. kemagnitan voltage regulator
        3. kemagnitan voltage relay
        4. kemagnitan stator coil
        5. kemagnitan rotor coil


















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..








KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem pendingin
Kompetensi Dasar :
Sistem pendingin dipelihara dan diperbaiki dengan menggunakan metode serta peralatan yang sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Cara kerja sistem pendinginan

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan fungsi komponen sistem pendingin
  1. Sistem pendingin pada kendaraan bertujuan untuk menjaga kondisi kerja mesin tetap stabil. Penyebab terjadi panas yang berlebihan (over heating) diakibatkan oleh ....
        1. vacuum valve pada tutup radiator tidak bekerja
        2. katup tekan pada tutup radiator terbuka terus
        3. air di tangki cadangan sangat sedikit
        4. thermostat tidak bekerja (terbuka)
        5. thermostat tidak bekerja (tertutup)


















Kunci Jawaban : E
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem pendingin
Kompetensi Dasar :
Sistem pendingin dipelihara dan diperbaiki dengan menggunakan metode serta peralatan yang sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Trouble shooting sistem pendinginan

Indikator :
Siswa dapat menganalisis gangguan pada sistem pendingin
  1. Pada tutup radiator terdapat pressure valve dan vacuum valve. Pressure valve bekerja pada saat ....
    1. engine dalam keadaan hidup dengan temperatur diatas 80°C
    2. engine dalam keadaan hidup dengan temperatur dibawah 80°C
    3. engine dalam keadaan dingin dan dalam keadaan hidup
    4. engine dalam keadaan dingin dan dalam keadaan mati
    5. reservoir tank dalam keadaan kosong


















Kunci Jawaban : A
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service engine dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Engine dan komponen-komponennya dipelihara, diperbaiki dan diuji sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Prinsip kerja engine

Indikator :
Siswa dapt menjelaskan cara kerja engine 4 tak 4 silinder
  1. Urutan pengapian motor 4 tak 4 silinder adalah 1-3-4-2. Bila silinder No.1 sedang melakukan langkah kompresi maka silinder lainnya sedang melakukan ....
    1. silinder 2 usaha, silinder 3 buang, silinder 4 hisap
    2. silinder 2 buang, silinder 3 usaha, silinder 4 hisap
    3. silinder 2 hisap, silinder 3 buang, silinder 4 usaha
    4. silinder 2 usaha, silinder 3 hisap, silinder 4 buang
    5. silinder 2 buang, silinder 3 hisap, silinder 4 usaha


















Kunci Jawaban : D
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem starter
Kompetensi Dasar :
Sistem starter dipelihara, diperbaiki dan diuji sesuai spesifikasi buku manual
Lingkup Materi :
Cara kerja sistem starter

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan cara kerja motor starter
  1. Motor starter pada kendaraan berfungsi untuk menghidupkan kendaraan pertama kali. Bagian motor starter yang menggerakkan plunyer solenoid untuk menguhubungkan terminal 30 dengan terminal C sesaat setelah kunci kontak ”START” adalah ....
    1. primary coil
    2. hold in coil
    3. pull in coil
    4. stator coil
    5. fiel coil


















Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem bahan bakar motor bensin
Kompetensi Dasar :
Sistem bahan bakar bensin dipelihara, diuji dan diperbaiki sesuai spesifikasi buku manual
Lingkup Materi :
Komponen sistem bahan bakar karburator

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan fungsi komponen pada karburator
  1. Fungsi ruang pelampung pada karburator adalah ....
    1. mempertahankan permukaan bensin agar tetap konstan pada karburator
    2. menampung sementara bensin sebelum dialirkan ke karburator
    3. mengatur aliran bensin sesuai dengan tenaga yang diperlukan
    4. mengatur jumlah pemakaian bensin sesuai kondisi mesin
    5. mengatur volume bensin sesuai dengan yang diinginkan




















Kunci Jawaban : A
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem bahan bakar motor bensin
Kompetensi Dasar :
Sistem bahan bakar bensin dipelihara, diuji dan diperbaiki sesuai spesifikasi buku manual
Lingkup Materi :
Cara kerja karburator

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan cara kerja komponen pada sistem bahan bakar bensin
  1. Sistem percepatan (acceleration circuit) pada karburator bekerja untuk saat ....
    1. throttle valve membuka untuk mengatasi jumlah udara yang masuk banyak dan suplai bahan bakar tertunda
    2. throttle valve terbuka lama untuk mengatasi jumlah udara yang masuk banyak dan suplai bahan bakar tertunda
    3. throttle valve terbuka mendadak untuk mengatasi jumlah udara yang masuk banyak dan suplai bahan bakar tertunda
    4. throttle valve membuka penuh untuk mengatasi jumlah udara yang masuk banyak dan suplai bahan bakar tertunda
    5. throttle valve membuka sedikit untuk mengatasi jumlah udara yang masuk banyak dan suplai bahan bakar tertunda












Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem Air Condition (AC) mobil
Kompetensi Dasar :
Sistem Air Condition (AC) dipelihara, diuji dan diperbaiki sesuai buku manual
Lingkup Materi :
Komponen AC

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan fungsi komponen Air Condition (AC)
  1. Sistem AC berguna untuk mengontrol kelembaman udara dalam mobil. Komponen sistem AC yang berfungsi merubah gas menjadi cairan refrigerant adalah ....
    1. expansion valve
    2. compressor
    3. evaporator
    4. condensor
    5. dryer


















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem Air Condition (AC) mobil
Kompetensi Dasar :
Sistem Air Condition (AC) dipelihara, diuji dan diperbaiki sesuai buku manual
Lingkup Materi :
Cara kerja AC

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan cara kerja sistem Air Condition (AC)
  1. Disajikan gambar sistem AC mobil di bawah ini. Kondisi refrigerant pada saluran nomor 1 sampai 2 pada saat mesin hidup adalah ....
          1. cairan tekanan rendah dan temperatur rendah
          2. gas tekanan rendah dan temperatur rendah
          3. cairan tekanan tinggi dan temperatur tinggi
          4. gas tekanan tinggi dan temperatur tinggi
          5. cairan tekanan rendah temperatur tinggi



















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..





KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service engine dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Engine dan komponen-komponennya dipelihara, diperbaiki dan diuji sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Fungsi komponen engine

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan fungsi komponen engine
  1. Fungsi flywheel adalah ....
  1. menyimpan tanaga putar yang dihasilkan pada langkah buang agar poros engkol tetap berputar terus pada langkah lainnya
  2. menyimpan tanaga putar yang dihasilkan pada langkah kompresi agar poros engkol tetap berputar terus pada langkah lainnya
  3. menyimpan tanaga putar yang dihasilkan pada langkah usaha agar poros engkol tetap berputar terus pada langkah lainnya
  4. menyimpan tanaga putar yang dihasilkan pada langkah hisap agar poros engkol tetap berputar terus pada langkah lainnya
  5. menyimpan tanaga putar yang dihasilkan pada langkah over-lap agar poros engkol tetap berputar terus pada langkah lainnya














Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem bahan bakar motor bensin
Kompetensi Dasar :
Sistem bahan bakar bensin dipelihara, diuji dan diperbaiki sesuai spesifikasi buku manual
Lingkup Materi :
Tipe EFI

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan komponen sistem bahan bakar injeksi (EFI)
  1. Ditampilkan gambar sistem EFI ” L-Type ”. Salah satu komponennyanya adalah Air flow meter yang berfungsi untuk ....
    1. mengukur temperatur udara yang masuk melalui intake manifold
    2. mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manifold
    3. mengukur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan
    4. mengatur arus yang mengalir ke ECU
    5. mengukur temperatur kerja mesin




















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem bahan bakar motor bensin
Kompetensi Dasar :
Sistem bahan bakar bensin dipelihara, diuji dan diperbaiki sesuai spesifikasi buku manual
Lingkup Materi :
Fungsi komponen dan tipe EFI

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan komponen EFI
  1. Gambar dibawah ini menunjukkan EFI ”D-type” dengan salah satu komponennya adalah Manifold pressure sensor yang berfungsi untuk ....
    1. mendeteksi kerja engine temperature sensor
    2. mendeteksi kerja air temperature sensor
    3. mensensor tekanan intake manifold
    4. mensensor tekanan air pendingin
    5. mensensor tekanan bahan bakar




















Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service unit kopling dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian dipelihara/diservice sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Komponen unit kopling

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan trouble yang terjadi pada kopling
  1. Keuntungan clutch cover type diaphragm spring sebagai berikut, kecuali ....
  1. penekanan pada pelat penekan merata
  2. gaya untuk menginjak pedal lebih ringan
  3. tenaga pegas dipengaruhi gaya sentrifugal
  4. selama sekeliling permukaan rata, kopling tetap seimbang
  5. keausan pada pelat kopling tidak mengurangi tekanan pada pelat penekan


















Kunci Jawaban : D
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service engine dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Engine dan komponen-komponennya dipelihara, diperbaiki dan diuji sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Pengukuran komponen engine

Indikator :
Siswa dapat mengukur komponen engine
  1. Pengukuran ketirusan poros engkol ditunjukkan pada gambar nomor ....
    1. 3 dan 4
    2. 1 dan 2
    3. 4 dan 1
    4. 1 dan 3
    5. 4 dan 2



















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service unit kopling dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian dipelihara/diservice sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Cara kerja unit kopling

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan cara kerja kopling
  1. Urutan pemindahan tenaga kopling yang tepat adalah ....
    1. gerakan pedal kopling dirubah menjadi tekanan hidrolis oleh master silinder yang kemudian diteruskan ke release cylinder dan release fork
    2. gerakan pedal kopling dirubah menjadi tekanan hidrolis oleh master silinder yang kemudian diteruskan ke release fork dan release bearing
    3. gerakan pedal kopling dirubah menjadi tekanan hidrolis oleh master silinder yang kemudian diteruskan ke release bearing dan release fork
    4. gerakan pedal kopling dirubah menjadi tekanan hidrolis oleh release cylinder yang kemudian diteruskan ke release bearing dan release fork
    5. gerakan pedal kopling dirubah menjadi tekanan hidrolis oleh release cylinder yang kemudian diteruskan ke release fork dan release bearing












Kunci Jawaban : A
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem bahan bakar motor diesel
Kompetensi Dasar :
Sistem bahan bakar diesel dipelihara, diuji dan diperbaiki sesuai spesifikasi buku manual
Lingkup Materi :
Diagram kerja motor diesel

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan diagram kerja motor diesel
  1. Dibawah ini disajikan proses pembakaran motor diesel. Titik ” B – C ” pada diagram tersebut menyatakan ....
    1. pembakaran sisa
    2. perambatan api
    3. pembakaran lanjut
    4. pembakaran tertunda
    5. pembakaran langsung



















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service unit kopling dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian dipelihara/diservice sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Perawatan dan perbaikan sistem rem

Indikator :
Siswa dapat melakukan perawatan dan perbaikan pada unit kopling
  1. Ditampilkan sebuah mekanisme penggerak sistem rem tipe mekanis. Tempat penyetelan ketinggian pedal rem dilakukan pada bagian dengan nomor ….
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5


















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service transmisi manual
Kompetensi Dasar :
Transmisi manual dipelihara/diservice sesuai dengan buku manual
Lingkup Materi :
Perbandingan roda gigi transmisi

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan perbandingan roda gigi pada transmisi
  1. Disajikan perbandingan gigi transmisi dengan jumlah gigi pada roda gigi A=4 teeth, B=8 teeth, C=4 teeth dan D=4 teeth. Bila putaran input shaft 2000 rpm, maka putaran output shaft adalah ....
    1. 1200 rpm
    2. 500 rpm
    3. 400 rpm
    4. 200 rpm
    5. 125 rpm
















Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service transmisi manual
Kompetensi Dasar :
Transmisi manual dipelihara/diservice sesuai dengan buku manual
Lingkup Materi :
Komponen transmisi manual

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan mekanisme transmisi
  1. Di bawah ini disajikan gambar synchromesh. Nama komponen 1 – 2 – 4 secara berurutan adalah ….
    1. s

      ynchronizer ring
      shifting key hub sleeve 3 2 1
    2. synchronizer ring key spring clutch hub 4 5
    3. synchronizer ring key spring hub sleeve
    4. clutch hub – shifting key – hub sleeve
    5. hub sleeve – shifting key – clutch hub

















Kunci Jawaban : E
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem kemudi dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Sistem kemudi dipelihara, diperiksa dan diperbaiki sesuai SOP
Lingkup Materi :
Mekanisme penggerak pada sistem kemudi

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan mekanisme pada sistem kemudi
  1. Gear shift control mechanism type direct control mempunyai keuntungan sebagai berikut, kecuali ....
    1. pemindahan lebih mudah
    2. pemindahan lebih lembut
    3. pemindahan gigi lebih cepat
    4. hampir tidak ada keausan pada sistem pemindah
    5. posisi pemindahan dapat diketahui dengan mudah




















Kunci Jawaban : D
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service unit final drive/differential (gardan)
Kompetensi Dasar :
Unit final drive/differential (gardan) diperiksa dan diperbaiki sesuai dengan buku manual
Lingkup Materi :
Fungsi komponen differential

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan komponen pada final drive/differential (gardan)
  1. Salah satu fungsi differential adalah memperbesar momen. Komponen yang bekerja memperbesar momen tersebut adalah ....
    1. pinion gear dan side gear
    2. drive pinion dan ring gear
    3. drive pinion dan pinion gear
    4. differential gear dan ring gear
    5. differential gear dan drive pinion


















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem bahan bakar motor diesel
Kompetensi Dasar :
Sistem bahan bakar diesel dipelihara, diuji dan diperbaiki sesuai spesifikasi buku manual
Lingkup Materi :
Aliran sistem bahan bakar motor diesel

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan aliran bahan bakar pada motor diesel
  1. Di bawah ini disajikan gambar komponen sistem bahan bakar diesel. Urutan aliran bahan bakar yang benar adalah ....



















    1. 8 – 6 – 4 – 9 – 7 – 5 – 1 – 2 – 3 – 10
    2. 8 – 6 – 4 – 9 – 7 – 5 – 1 – 3 – 2 – 10
    3. 8 – 9 – 7 – 4 – 6 – 5 – 1 – 2 – 3 – 10
    4. 8 – 9 – 7 – 4 – 6 – 5 – 1 – 3 – 2 – 10
    5. 8 – 9 – 7 – 6 – 4 – 5 – 1 – 2 – 3 – 10

Kunci Jawaban : D
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..


KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem starter
Kompetensi Dasar :
Sistem starter dipelihara, diperbaiki dan diuji sesuai spesifikasi buku manual
Lingkup Materi :
Pemeriksaan motor starter

Indikator :
Siswa dapat memeriksa motor starter
  1. Prinsip dasar motor starter adalah ....
    1. tangan kanan fleming
    2. tangan kiri fleming dan hukum Ohm
    3. ulir kanan dan tangan kiri fleming
    4. tangan kanan fleming dan hukum ohm
    5. ulir kiri dan hukum ohm













Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..









KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Perbaikan pada rangkaian sistem kelistrikan body


Kompetensi Dasar :
Rangkaian sistem kelistrikan body diperbaiki, dirakit dan diuji sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Fungsi komponen kelistrikan bodi
Indikator :
Siswa dapat merawat sistem kelistrikan bodi
  1. Komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai pengaman terhadap arus pendek atau terlalau besar adalah ….
  1. contactor
  2. sekering
  3. indicator
  4. isolasi
  5. relay














Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem rem dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Sistem rem dipelihara, diperiksa, diperbaiki dan diuji sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Fungsi komponen sistem rem

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan komponen sistem rem
  1. Bagian sistem rem yang berfungsi mengurangi tekanan hidraulis pada wheel cylinder roda belakang agar rem tidak terkunci adalah ....
    1. proportioning valve
    2. compression valve
    3. vacuum valve
    4. booster rem
    5. check valve


















Kunci Jawaban : A
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem rem dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Sistem rem dipelihara, diperiksa, diperbaiki dan diuji sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Cara kerja sistem rem

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan prinsip kerja sistem rem
  1. Prinsip dasar kerja rem pada mobil adalah ....
        1. merubah energi hidrolik menjadi energi panas
        2. merubah energi vacuum mejadi energi panas
        3. merubah energi kinetik menjadi energi panas
        4. merubah energi kinetik menjadi energi gerak
        5. merubah energi panas menjadi energi gerak




















Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem kemudi dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Sistem kemudi dipelihara, diperiksa dan diperbaiki sesuai SOP
Lingkup Materi :
Mekanisme sistem kemudi

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan mekanisme pada sistem kemudi
  1. Disajikan gambar tilt steering mechanism pada sistem kontrol kemudi. Fungsi dari mekanisme tersebut adalah ....
    1. menyerap gaya dorong dari pengemudi pada saat terjadi tabrakan
    2. meneruskan putaran dari steering wheel ke steering gear
    3. penyetelan posisi mengunci pada steering main shaft
    4. penyetelan panjang pendek steering main shaft
    5. penyetelan posisi vertikal steering wheel





















Kunci Jawaban : E
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeriksaan sistem suspensi
Kompetensi Dasar :
Sistem suspensidipelihara, diperiksa dan diperbaiki sesuai SOP


Lingkup Materi :
Fungsi komponen system suspensi

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan komponen suspensi
  1. Pegas suspensi adalah salah satu komponen chasis pada kendaraan. Fungsi pegas suspensi adalah ….
    1. menahan bodi dan ban kendaraan
    2. menahan tekanan dari ban agar tidak ke bodi kendaraan
    3. menahan tekanan dari bodi agar tidak diteruskan ke ban
    4. meredam goncangan akibat gerakan shock absorber
    5. meredam goncangan akibat permukaan jalan agar tidak ke bodi


















Kunci Jawaban : E
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service unit kopling dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian dipelihara/diservice sesuai dengan SOP
Lingkup Materi :
Tipe unit kopling

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan komponen tipe pada unit kopling
  1. Dibawah ini ditampilkan clutch cover diaphragm spring type. Nama komponen yang ditunjukkan pada nomor 1 – 4 – 5 adalah ….
    1. clutch coverpressure plate diaphragm spring
    2. clutch coverdiaphragm springpressure plate
    3. pressure plate clutch cover diaphragm spring
    4. pressure plate straps diaphragm spring
    5. pressure plate straps clutch cover


















Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..







KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem kemudi dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Sistem kemudi dipelihara, diperiksa dan diperbaiki sesuai SOP
Lingkup Materi :
Tipe kemudi rack and pinion

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan konstruksi sistem kemudi tipe rack and pinion
  1. Disajikan gambar steering gear type rack and pinion di bawah ini. Urutan nama komponen nomor 1, 3, 4 dan 6 yang benar adalah ….











    1. tie rod end, tie rod, booth dan ball joint
    2. tie rod end, tie rod, pinion dan ball joint
    3. tie rod end, pinion, rack dan ball joint
    4. tie rod end, rack, pinion dan booth
    5. tie rod end, tie rod, rack dan booth


Kunci Jawaban : C
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..









KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service unit final drive/differential (gardan)
Kompetensi Dasar :
Unit final drive/differential (gardan) diperiksa dan diperbaiki sesuai dengan buku manual
Lingkup Materi :
Tipe final drive (gardan)

Indikator :
Siswa dapat menjelaskan tipe final drive (gardan)
  1. Gambar di bawah ini memperlihatkan salah satu tipe poros roda belakang. Jenis poros roda belakang yang hanya menggerakkan roda kendaraan tanpa memikul adalah ….
    1. semi floating
    2. full floating
    3. axle housing
    4. ¾ floating
    5. wheel hub




















Kunci Jawaban : B
Hasil telaah :

Diterima Penulis Soal
Perlu Perbaikan
Tidak Diterima
Catatan : ……………………………..






KARTU SOAL


Mata Diklat : Produktif Otomotif
Program : Teknik Mekanik Otomotif
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/service sistem kemudi dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Sistem kemudi dipelihara, diperiksa dan diperbaiki sesuai SOP
Lingkup Materi :


Indikator :
Siswa dapat menjelaskan front wheel alignment
  1. Gambar di bawah ini memperlihatkan salah satu pengaturan wheel aligment. Selisih jarak telapak bagian belakang dengan bagian depan pada roda depan bila dilihat dari atas disebut ….
    1. toe-in / toe-out
    2. sudut king pin
    3. turning radius
    4. sudut camber
    5. sudut caster




















Kunci Jawaban : A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar